STRESSOR MINOR DAN MAYOR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SEBELUM PANDEMI COVID 19

Farah Nadiyah, Efri Widianti, Atlastieka Praptiwi

Abstract


Mahasiswa seringkali di hadapkan pada tantangan dan hambatan selama menjalani pembelajaran dilingkungan kampus. Tantangan dan hambatan tersebut dapat menjadi stressor yang menyebabkan stress pada mahasiswa. Mengidentifikasi stressor dapat membantu mahasiswa keperawatan untuk mencegah terulangnya stres dan mengurangi dampak yang ditimbulkan sehingga mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran dengan optimal sebagai calon profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan stres pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Kuesioner Holmes and Rahe Stress Scale for Youth dan The Inventory of College Students' Recent Life Experiences digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling (n=801, response rate 73%) dari populasi sebanyak 1.091 mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68% mahasiswa kemungkinan kecil memiliki perasaan negatif berdasarkan stressor minor, 42% mahasiswa memiliki kategori tingkat risiko mengalami gangguan kesehatan kategori sedang berdasarkan stressor mayor. Stressor minor yang paling banyak dipilih adalah berjuang keras untuk maju (37,5%), dan stressor mayor yaitu perubahan kondisi keuangan keluarga (48,8%). Berjuang keras untuk maju merupakan stressor minor yang dihadapi oleh hampir sebagian dari mahasiswa di Fakultas Keperawatan UNPAD, sedangkan sedangkan stressor mayor yang dialami oleh hampir sebagian dari mahasiswa Fakultas Keperawatan UNPAD adalah kondisi keuangan keluarga.

Kata Kunci: Mahasiswa Keperawatan, Stressor, Stres


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 489 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P ISSN : 2477-1597

E ISSN : 2685-4449